Sunday 19 April 2020

Aplikasi Komputer


MATERI APLIKASI KOMPUTER



1.     PENGERTIAN APLIKASI KOMPUTER
Aplikasi Komputer adalah sebuah perangkat lunak (software) program komputer yang ditulis dalam bahasa pemrograman dan berfungsi melakukan perintah sesuai dengan keinginan dari pembuat aplikasi. Pembuat program aplikasi komputer biasanya disebut dengan programmer. Aplikasi komputer juga bisa didefinisikan sebagai suatu perangkat lunak yang berbasis komputer untuk membantu melakukan tugas yang diinginkan oleh user. Aplikasi komputer ini biasanya berupa program pengolah data kata, data lembar kerja, dan data media.

2.      FUNGSI APLIKASI KOMPUTER
A.   Bidang Pendidikan : aplikasi komputer berfungsi sebagai tempat untuk mencari, membuat bahan pembelajaran.
B.  Bidang Kesehatan : aplikasi komputer berfungsi sebagai fasilitas untuk mempermudah mendiagnosa penyakit, meracik obat dalam bidang kedokteran.
C.  Bidang Bisnis : aplikasi komputer berfungsi sebagai menghitung keuntungan, membuat laporan bisnis yang diperoleh.
D.  Bidang Pengetahuan : aplikasi komputer berfungsi sebagai media untuk memperoleh informasi pengetahuan yang ada saat ini.

3.      JENIS-JENIS APLIKASI KOMPUTER
A.    Aplikasi Perkantoran : yaitu aplikasi komputer yang berguna menyediakan layanan pekerjaan kantor. Contoh aplikasi Microsoft Office, dll.
B.   Aplikasi Dukungan Perkantoran : yaitu aplikasi komputer yang berguna untuk mensupport suatu perusahaan. Contoh aplikasi Database Management System, Networking System, Email Server, dll.
C.    Aplikasi Pendidikan : yaitu aplikasi yang berisi materi pelajaran agar mempermudah siswa dan guru dalam belajar dan mengajar. Contoh aplikasi Ruang Guru.
D.     Aplikasi Multimedia : yaitu aplikasi komputer yang digunakan untuk menggabungkan sebuah informasi, teks, video, dan audio. Contoh aplikasi Winamp, Windows Media Player, dll.
E.   Aplikasi Pengembangan Media : yaitu aplikasi yang berfungsi untuk mengolah suatu media yang nantinya akan dikomersilkan sebagai pendidikan maupun hiburan. Contoh aplikasi AudioVideo Converter, Digital Animation Software, dll.
F.    Aplikasi Grafis : yaitu aplikasi yang berfungsi untuk membuat desain logo maupun editing foto/gambar. Contoh aplikasi Adobe Photoshop, Corel Draw, dll.
G.  Aplikasi Internet : yaitu aplikasi komputer yang menyediakan layanan kemudahan dalam beraktifitas di internet. Contoh aplikasi E-mail, Google, Bing, Yahoo, dll.

No comments:

Post a Comment

PERJUSA SMP NEGERI 231 TAHUN 2023