Saturday 11 April 2020

Software Aplikasi Pengolah Kata


MATERI SOFTWARE APLIKASI PENGOLAH KATA

 


1.    MICROSOFT WORD

Micorosoft Word merupakan software yang sering digunakan untuk mengolah kata. Microsoft Word telah menambahkan database dan tool baru supaya pengguna lebih mudah untuk mengoperasikannya.

2.    WORD STAR

WordStar adalah aplikasi pengolah kata yang dipublikasikan oleh MicroPro International. WordStar dibuat pertama kali untuk sistem operasi CP/M dan kemudian digunakan kembali untuk sistem operasi DOS. Pada awal perkembangan sistem operasi DOS, aplikasi WordStar sangat popular.

3.    WORD PERFECT

WordPerfect adalah aplikasi pengolah kata yang dipublikasikan oleh Corel untuk digunakan pada perangkat komputer pribadi. Aplikasi ini lebih maju dibandingkan dengan WordStar walaupun pada akhirnya dikalahkan oleh produk Microsoft Word. Pada awalnya Wordperfect telah digunakan oleh banyak platform, seperi MAC OS, Linux, Apple II, dan lain sebagainya.

4.   STAR WRITER

StarWriter diperkenalkan sebagai aplikasi pengolah kata yang multi platform, dapat digunakan diberbagai macam platform sistem operasi, seperti Windows, Linux, dan Unix. Aplikasi ini dikembangkan oleh Oracle Corp. StarWriter adalah salah satu paket aplikasi dari StarOffice. StarWriter digunakan pertama kali pada sistem operasi DOS.

5.   OPEN SOURCE WRITER

Open Office Writer adalah salah satu aplikasi pengolah kata yang masuk dalam komponen paket dalam OpenOffice.org.  Open Office Writer mampu membaca dan mengedit dokumen dalam format .doc, .odt, .rtf, dan mampu mengexport ke dalam file .pdf.

6.   ABI WORD

Abi Word adalah aplikasi pengolah kata yang mendukung dalam banyak sistem operasi, seperti Windows, Linux, QNX, Solaris, dan FreeBSD. Aplikasi pengolah kata Abi Word mampu membaca dan mengedit jenis tipe dokumen standar yang ada pada dokumen Open Office, Microsoft Word, Word Perfect, Rich Text Format (rtf), HTML, dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment

PERJUSA SMP NEGERI 231 TAHUN 2023