Tuesday 14 April 2020

Sistem Operasi


MATERI SISTEM OPERASI

1.     PENGERTIAN SISTEM OPERASI

Sistem operasi adalah perangkat lunak atau software yang berfungsi sebagai pengatur semua sumber daya yang terdapat pada komputer.  Sistem operasi atau operating system (OS) menjadi penghubung antara software – hardware – brainware (pengguna). ia mengatur agar kesemuanya dapat berkomunikasi dengan baik dan membuat nyaman pengguna komputer. Jadi kesimpulannya Sistem Operasi adalah perangkat lunak yang bertugas untuk mengatur semua sumber daya dalam komputer (hardware dan software) agar dapat bekerja sesuai dengan perintah yang diberikan oleh penggunanya.

2.     FUNGSI SISTEM OPERASI
Berikut ini adalah fungsi Sistem Operasi yaitu:
·         Menjalankan Operasi Dasar
·         Mengatur Hardware
·         Mengatur Berbagai Macam Aplikasi
·         Untuk Menyajikan Sebuah Tampilan
·         Untuk Koordinasi Perangkat Komputer
·         Untuk Fungsi Komputer yang Optimal.

3.      JENIS-JENIS SISTEM OPERASI
1.     ANDROID

Sistem Operasi Android adalah SO berbasis linux yang dirancang untuk digunakan pada perangkat mobile berlayar sentuk seperti telepon pintar (smartphone) atau komputer tablet.

2.     MICROSOFT WINDOWS

Microsoft windows adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft dengan menggunakan antar muka pengguna grafis atau GUI yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan komputer menggunakan tampilan visual yang sangat memudahkan pengguna.

3.     LINUX

Sistem Operasi Linux diperkenalkan oleh Linus Torvalds pada tahun 1991.  Linux  adalah jenis Sistem operasi open-source dimans Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan juga didistribusikan kembali secara bebas oleh siapa saja.

4.     MAC OS

macOS, atau yang sebelumnya disebut OS X, adalah sistem operasi dengan antarmuka grafis yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Apple Inc. Sistem operasi ini disediakan untuk komputer Macintosh. 


No comments:

Post a Comment

PERJUSA SMP NEGERI 231 TAHUN 2023